Perkiraan Harga Tiket Bus Musim Mudik Lebaran 2019

Hallo pembaca setia buanacitrawisata.com, kali ini admin ingin share bukan tentang harga sewa bus yaa. Tapi bolehlah memberikan informasi yang pastinya saat ini dibutuhkan oleh banyak orang. Terutama bagi yang berencana mudik menggunakan bus dari Jakarta ke kampung halaman.

Info tiket mudik ini masih bersifat perikraan saja, dengan bersumber dari media-media populer yang sudah merilis prediksi harga tiket mudik bus. Setidaknya dapat memberikan informasi dalam mempersiapkan agenda mudik tahunan saat libur lebaran nanti.

info harga tiket mudik bus jakarta 2019

Info Harga Tiket Mudik Bus

Seperti yang dilansir oleh travel.kompas.com, menjelang musim mudik Lebaran, harga tiket transportasi mengalami kenaikan. Kenaikan ini berlaku pada pesawat, kereta api, dan juga bus. Untuk bus, kenaikan harga berbeda setiap perusahaan.

“Apabila dilihat dari tahun kemarin, tiket harga bus naik dua kali lipat atau lebih sedikit (dari dua kali lipat) dari harga reguler,” kata pengamat transportasi bus AM Fikri dihubungi KompasTravel, Kamis (9/5/2019).

Fikri memberi contoh kisaran harga tiket bus standar Jakarta-Solo di luar musim mudik Rp 160.000 – Rp 180.000. Pada musim mudik Lebaran naik menjadi Rp 300.000 – Rp 400.000.

Kisaran harga tiket bus tingkat Jakarta-Solo di luar musim mudik Rp 300.000 – Rp 400.000. Pada musim mudik mencapai Rp 600.000 – Rp 800.000. Contoh lain adalah tiket bus ke Surabaya dari Jakarta. Di luar musim mudik Rp 310.000 – Rp 350.000. Sedangkan masa mudik harganya mencapai Rp 600.000 – Rp 700.000.

Penyebab Tiket Bus Naik

Kenaikan ini bukan saja dikarenakan adanya penambahan armada atau jam operasional keberangkatan. Tapi juga karena ada banyak keluhan dari para pengusaha bus. Terutama dalam segi operasional perjalanan yang sangat timpang.

“Kebanyakan pengusaha bus mengaku musim mudik terkendala dengan bus hanya mengangkut penumpang satu arah. Ketika arah sebaliknya bus kosong. Belum lagi kondisi jalanan yang macet selama mudik,” jelas Fikri.

Harga Tiket Mudik Bus Ini Masih Bersifat Estimasi

Saat ini sudah banyak perusahaan otobus yang mengumumkan penjualan tiket bus untuk mudik Lebaran. Kendati demikian, harga tiket diatas sifatnya masih belum tentu. Karena belum ada edaran resmi dari pihak dishub dan kesepakatan dengan organda. Fikri menyarankan untuk memantau media sosial perusahaan otobus yang diminati, khususnya di media sosial Facebook. Banyak perusahaan otobus memberi informasi perihal tiket mudik Lebaran lewat media sosial tersebut.

Baca juga: Sewa Bus Pariwisata Jakarta Jogja

Demikian artikel ini dbuat, semoga memberikan manfaat kepada Anda terutama yang akan melakukan perjalanan mudik dari Jakarta ke berbagai daerah.

Apabila Anda membutuhkan juga informasi mengenai PO Bus Pariwisata yang menyewakan bus untuk berbagai keperluan perjalanan rombongan, silahkan lanjutkan untuk membaca.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Booking Sekarang